Selasa, 20 November 2018

BPN 30 Day Blog Challenge #1 : Ekspresikan Diri Lewat Blog

Blog yang merupakan singkatan dari web log ini adalah aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan atau yang biasa dimuat sebagai posting pada sebuah halaman web. Blog dipopulerkan oleh blogger.com dan pada tahun 2011, jumlah pengunjung blogger per bulannya adalah 45,712 (sumber : tekno.kompas.com). Pada tahun-tahun itu blog merupakan aplikasi yang diminati para kaum yang suka berbagi tulisan, namun di tahun-tahun ini blog semakin jarang dijamah oleh orang-orang.

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.” Pramoedya Ananta Toer, House of Glass


Blog Almas Amalia

Sejak kecil aku sudah suka menulis, menulis di buku atau yang biasa disebut diary. Semakin lama aku menekuninya, hanya saja yang aku tulis adalah isi curhatan keseharian aku. Maklumlah, dimasa itu adalah masa dimana masih labil. Emosi masih naik turun dan gak tau cara ngontrol emosi kayak apa, kalo dibaca lagi diary itu pasti malu-malu sendiri, kok bisa pas kecil kayak gini. Super dramatis banget. 

“Berbicara itu mudah namun sulit dipertanggungjawabkan. Menulis lebih sulit namun lebih mudah dipertanggungjawabkan.”  Felix Y. Siauw


Aku mulai aktif menulis blog ketika kelas 10, saat itu aku adalah remaja smk dengan bidang teknologi dan disitulah aku mengenal blog. Itupun gara - gara dapat tugas dari guru untuk bikin blog. Selanjutnya aku stalking blog teman-teman dan kakak kelasku dan dari sanalah muncul motivasi untuk mengembangkan tulisan lewat blog. Semakin lama aku mulai menekuni blog, tehitung dari bulan juni sampai bulan desember sudah dapat 21 artikel. Itu angka yang paling banyak di arsip blogku, dan karena kesibukan yang lain menjadi alasan untuk jarang aktif posting di blog.

Blog Almas Amalia
Padahal blog adalah salah satu tempat dimana aku bisa mengekspresikan diri, caranya ya lewat tulisan. Terkadang lewat tulisan kita bisa melihat ekspresi si penulis, apakah dia sedang bahagia, sedang sedih, sedang kecewa, sedang bimbang, sedang, sedang, sedang, dan sedang. Segala macam ekspresilah pokoknya. 

“Menulis adalah suatu cara untuk bicara, suatu cara untuk berkata, suatu cara untuk menyapa—suatu cara untuk menyentuh seseorang yang lain entah di mana. Cara itulah yang bermacam-macam dan di sanalah harga kreativitas ditimbang-timbang.”   Seno Gumira Ajidarma, Ketika Jurnalisme Dibungkam Sastra Harus Bicara

Selain itu blog adalah seorang teman, ketika kita ingin cerita dan ingin berpendapat tetapi tidak ada orang lain yang mendengarkan, maka blog adalah solusinya. Terkadang bercerita dengan orang lain belum tentu membuat perasaan lega dan mendapatkan solusi dari masalah yang kita hadapi. Tetapi lewat blog, kita akan mengolah cerita dan pendapat kita sesuai dengan gaya tulisan di blog. Dibaca orang ya alhamdulillah, tidak dibaca ya tidak apa-apa. Kok kelihatan pasrah gini ya wkwk.


Selama 1 bulan kedepan aku akan mengikuti BPN 30 Day Blog Challenge, harapannya aku bisa menuntaskan 30 hari sesuai tantangan yang diberikan. 


salam hangat,


almas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar