Sabtu, 24 November 2018

BPN 30 Day Blog Challenge #5 : Awas Media Sosial Bikin Ketagihan !!!

Hallo pembaca blogku, pasti kalian juga punya sosial media kan ? Generasi Millenial jaman sekarang gak mungkin kalo gak punya sosial media. Pasti kebanyakan mereka punya. Sosial Media yang aku punya itu ada whatapss, line, instagram, facebook, twitter, ask.fm, path, youtube, dan lain sebagainya. Emang bener, sosial media sangat membantu kita dalam hal apapun. Mulai dari berkomunikasi, penyedia informasi, penyuplai humor, dan masih banyak lagi. Tetapi, perlu diingat bahwa menggunakan media sosial dengan porsi yang tidak sewajarnya juga tidak baik. Orang yang mendedikasikan dirinya untuk sosial media akan kehilangan waktunya. Waktu yang seharusnya dia lakukan untuk orang lain harus tergantikan oleh media sosial. Karena faktanya media sosial itu bikin ketagihan dan menjadikan diri kita malas untuk melakukan hal penting lainnya. Itulah fakta yang sering aku alami.

Banyak survey mengatakan hal yang sama bahwa media sosial akan menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh. Media sosial juga dapat merusak otak, bagaimana ? kok bisa ? iya merusak otak dalam arti ketika kita mendapatkan informasi yang kurang benar, atau kita melihat sesuatu yang bertanda kutip negatif. Sesuatu yang negatif itulah akan membawa kita kebiasaan negatif, sehingga berdampak pada otak kita.

Media Sosial

Inilah sedikit tips yang wajib kita tanamkan untuk diri kita sebagai pengguna media sosial. Ayo simak tips berikut ini.

1. Berinteraksi dengan sesuatu yang nyata

Apabila kita sering mengakses media sosial, dan mulai nyaman dengan sesuatu yang maya. Maka sesuatu yang nyata akan mudah dilupakan. Bukan dilupakan tepatnya, tetapi porsi yang biasanya digunakan untuk berinteraksi dengan sesuatu yang nyata menjadi terkurangi. Jadi kita perlu hati - hati jangan sampai kita dijauhi sesuatu yang nyata dengan mengasyikkan diri dengan sesuatu yang maya.

2. Gunakan waktu khusus

Sehari tidak mengakses media sosial memang sangat tidak mudah, apalagi kalo full wifi and kuota internet. Yakin dah, kita tidak bisa puasa media sosial. Untuk itu, gunakan waktumu dengan efisien. Berikan waktu tersendiri untuk mengakses media sosial sepuasnya. Tanpa mengganggu waktu kegiatan lainnya. Bedakan waktu untuk serius belajar dan untuk bermain media sosial.

3. Katakan tidak untuk hal negatif

Hal negatif ini bisa berupa hujatan terhadap seseorang dan bisa menyebabkan pikiran bahwa kita berfikir seseorang tersebut jelek. Media sosial juga banyak ujaran kebencian atau kalimat yang sarat dengan nada provokasi. Jangan mudah percaya terhadap informasi, harus difikirkan terlebih dulu apakah itu benar atau tidak. Sehingga diam saja.

Begitulah sedikit tips. semoga bisa menulis lagi di entry selanjutnya dengan topik yang sama. Semangat guys !!!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar